Sabtu, 04 Januari 2014

THAHARAH



BAB II
THAHARAH
A.  Definisi
Secara etimologi kata thaharah adalah suci atau bersih. Secara terminologi atau segi istilah syarak thaharah adalah suci dan bersih daripada najis atau hadas.
Thaharah atau bersuci ialah menghilangkan hadas dan najis dari badan, pakaian dan tempat supaya dapat menunaikan ibadah khususnya ibadat shalat. Dan bersuci adalah sesuatu yang wajib di dalam ajaran islam. Tanpa bersuci ibadah tidak sah atau tidak diterima. Di antara cara bersuci ialah wudu, mandi dan membersihkan najis dari badan dan pakaian.
Firman Allah Swt :
“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri”. (Q. S Al-Baqarah: 222)
Thaharah merupakan syarat sah shalat. Hukum daripada thaharah ialah WAJIB baik mukallaf lelaki maupun perempuan. Dalil naqli tentang suruhan bersuci adalah sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah al-Anfal, ayat 11 yang bermaksud :
" Dan (ingatlah ketika) Dia menurunkan kepada kamu hujan daripada langit untuk mensucikan kamu dengannya... "
Rasulullah SAW pun bersabda yang bermaksud :
" Agama islam itu diasaskan di atas kebersihan "
Adapun tujuan thaharah ialah membolehkan seseorang itu menunaikan solat dan ibadah-ibadah yang lain. Hikmah disuruh melakukan thaharah kerana semua ibadah khusus yang kita lakukan itu adalah perbuatan menghadap dan menyembah Allah Ta'ala. Oleh itu untuk melakukannya, maka wajiblah berada di dalam keadaan suci sebagai mengagungkan kebesaran Allah SWT .
Faedah melakukan thaharah tak lain supaya badan menjadi bersih, sehat dan terjauh daripada penyakit serta mendatangkan kegembiraan kepada orang yang melaksanakannya.
Syarat wajib taharah ialah :
1.    Islam
2.    Berakal
3.    Baligh
4.    Masuk waktu ( Untuk mendirikan solat fardhu ).
5.    Tidak lupa
6.    Tidak dipaksa
7.    Berhenti darah haid dan nifas
8.    Ada air atau debu tanah yang suci.
9.    Berdaya melakukannya mengikut kemampuan.
Taharah adalah sebagai bukti bahawa Islam amat mementingkan kebersihan dan kesucian. Ahli fiqh bersepakat mengatakan harus bersuci dengan air yang suci (mutlaq) sebagaimana firman Allah:
وَهُوَ الَّذِي أَرْسَلَ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِ وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً طَهُورًا

"Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa khabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih "
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَقْرَبُوا الصَّلاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ وَلا جُنُبًا إِلا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّى تَغْتَسِلُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُورًا

 “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu solat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula menghampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan berjunub), terkecuali sekadar berlalu sahaja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau dalam bermusafir atau kembali dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun. ”
(Surah Al-Nisa’, 4:43)
Samak, yaitu membuang bahan-bahan lebihan yang melekat pada kulit dan yang merosakkannya sekira-kira jika direndam atau dibasuh dengan air sesudah disamak, maka kulit itu tetap tidak busuk atau rosak. Takhallul, yaitu arak bertukar menjadi cuka tanpa dimasukkan sesuatu bahan ke dalamnya.
Adapun perihal bersuci meliputi beberapa perkara berikut :
a.       Alat bersuci, seperti air, tanah, dan sebagainya
b.      Kaifiat (cara) bersuci
c.       Macam dan jenis-jenis najis
d.      Benda ang wajib disucikan
e.       Sebab-sebab atau keadaan yang menyebabkan wajib bersuci

Bersuci ada dua bagian, yaitu :
1.    Bersuci dari hadas. Bagian ini khusus untuk badan, seperti mandi, berwudu, dan tayamum.
2.    Bersuci dari najis. Bagian ini berlaku pada badan, pakaian, dan tempat.

B.  Jenis-Jenis Bersuci
1.    Menyucikan badan dari hadas kecil.
Yaitu menyucikan badan daripada hadas kecil dengan berwuduk atau bertayammum. Orang yang berhadas kecil diharamkam mengerjakan solat atau menyentuh al-Quran.
2.    Menyucikan badan dari hadas besar.
Orang yang berjunub atau berhadas besar hendaklah membersihkan dirinya dengan mandi.Mereka yang berhadas besar ialah mereka yang melakukan persetubuhan ,orang yang haid dan nifas. Orang yang berhadas besar juga diharamkan mengerjakan solat, puasa,  haji,duduk di dalam masjid,menyentuh dan membaca al-Quran.
3.    Istinja’
Menghilangkan kotoran samada najis kecil (kencing) atau najis besar(tahi) dari tempat keluarnya dengan sesuatu yang bersih seperti air,kertas,batu,tisu dan sebagainya sehingga najis itu bersih. Istinja’ itu mestilah menghilangkan najis,baunya dan rasanya.
Cara-cara beristinja’
a.    Istinja’ itu mestilah 3 kali ulang,kalau masih belum suci boleh di ulangi lagi sehingga bersih.
b.    Alat dibuat istinja’ itu mestilah dapat membersihkan tempat najis yang keluar.
c.    Sekiranya batu mestilah diambil sekurang-kurangnya 3 biji.
WUDU (Mengambil Air untuk Shalat)
Perintah wajib wudu bersamaan dengan perintah wajib salat lima waktu, yaitu satu tahun setengah sebelum tahun Hijriah.
Firman Allah Swt :
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki”. (Q. S Al-Maidah: 6)
Syarat-syarat Wudu
1.      Islam
2.      Niat
3.      Tidak berhadas besar.
4.      Dengan air yang suci dan menyucikan.
5.      Tidak ada yang menghalangi sampainya air ke kulit, seperti getah atau tato dan sebagainya yang melekat di atas kulit anggota wudu.
Fardu (Rukun) Wudu
1.      Niat. Hendaklah berniat (menyengaja) menghilangkan hadas atau menyengaja berwudu. Rasulullah Saw bersabda :
“Sesungguhnya segala amal itu hendaklah dengan niat.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)
Yang dimaksud dengan niat menurut syara’ yaitu kehendak sengaja melakukan pekerjaan atau amal karena tunduk kepada hukum Allah Swt.
Firman Allah Swt :
“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya.” (Q. S Al-Bayyinah : 5)
2.      Membasuh muka. Berdasarkan ayat (Al-Bayyinah: 6). Batas muka yang wajib dibasuh ialah dari tempat tumbuh rambut kepala sebelah atas sampai kedua tulang dagu sebalah bawah; lintangnya, dari telinga ke telinga; seluruh bagian muka yang tersebut tadi wajib dibasuh, tiak boleh tertinggal sedikit pun, bahkan wajib dilebihkan sedikit agar kita yakin terbasuh semuanya.
3.      Membasuh kedua tangan sampai ke siku. Dimulai dengan tangan kanan kemudian tangan kiri.
4.      Membasuh atau menyapu kepala. Mulai dari tumbuhnya rambut bagian depan sampai belakang atas leher dan melingkupi sampai tepi telinga.
5.      Membasuh kedua telapak kaki sampai mata kaki.
6.      Tertib yaitu melakukan wudu mengikut turutan dan berturut-turut.
Beberapa Sunat  Wudu
1.        Membaca Bismillah
2.        Membasuh kedua tangan sehingga ke pergelangan tangan
3.        Berkumur-kumur
4.        Memasukkan air kehidung
5.        Menyapu seluruh kepala
6.        Menyapu air kedua-dua telinga luar dan dalam
7.        Membasuh tiap-tiap anggota wuduk tiga kali
8.        Tidak bercakap-cakap ketika berwuduk
9.         Bersugi
10.    Membaca doa selepas berwudu

Perkara-Perkara Yang Membatalkan Wudu
1.      Keluar sesuatu dari dua jalan yaitu qubul dan dubur seperti kentut, kencing dan sebagainya.
2.      Hilang ingatan dengan sebab gila atau pitam atau tidur yang tidak tetap kedudukannya
3.      Menyentuh kemaluan dengan tapak tangan atau perut anak jari.samada kemaluan sendiri atau orang lain.
4.      Bersetubuh
Mandi Wajib (Junub)
Yang dimaksud mandi wajib disini ialah mengalir air ke seluruh badan dengan niat. Firman Allah dalam surat Al-Maidah: 6 “Dan jika kamu junub, maka mandilah.”
Sebab-sebab wajib Mandi
Sebab-sebab wajib mandi ada enam, tiga di antaranya biasa terjadi pada laki-laki dan perempuan, dan tiga lain tertentu (khusus) pada perempuan saja.
1.    Bersetubuh, baik keluar mani atau pun tidak. Sabda Rasulullah Saw:
“Apabila dua yang di khitan bertemu, maka sesungguhnya telah diwajibkan mandi, meskipun tidak keluar mani.” (Riwayat Muslim)
2.    Keluar mani, baik keluarnya karena bermimpi ataupun sebab lain dengan sengaja atau tidak, degan perbutan sendiri atau bukan. Sabda Rasulullah Saw:
“Dari Khaulah, sesungguhnya ia telah bertanya kepada Nabi Saw. Mengenai peprempuan yang bermimpi seperti laki-laki bermimpi. Jawab Nabi, “Ia tidak wajib mandi sehingga keluar maninya, sebagaimana laki-laki tidak wajib mandi apabila tidak keluar mani.” (Riwayat Ahmad dan Nasai)
3.    Mati,  Orang islam yang mati, fardu kifayah atas muslimin yang hidup memandikannya kecuali orang yang mati syahid.
4.    Haid. Apabila seorang perempuan telah berhenti dari haid, ia wajib mandi agar ia dapat shalat dan dapat bercampur dengan suaminya. Dengan mandi itu badannya pun menjadi segar dan sehat kembali. Sabda Rasulullah Saw:
“Beliau berkata kepada Fatimah binti Abi Hubaisy, “Apabila datang haid itu, hendaklah engkau tinggalkan shalat, dan apabila habis haid itu, hendaklah engkau mandi dan shalat.”
5.    Nifas. Yang dinamakan nifas ialah darah yang keluar dari kemaluan perempuan sesudah melahirkan anak. Darah itu merupakan darah haid yang berkumpul, tidak keluar sewaktu perempuan itu mangandung.
6.    Melahirkan, baik anak yang dilahirkan itu cukup umur ataupun tidak, seperti keguguran.
Fardu (rukun) mandi
1.    Niat. Orang yang junub hendaklah berniat (menyengaja) menghilangkan hadas junub, perempuan yang baru habis (selesai) haid atau nifas hendaklah berniat menghilangkan hadas kotornya.
2.    Mengalirkan air ke seluruh badan.
Sunat-sunat mandi
1.    Membaca “Bismillah” pada permulaan mandi.
2.    Berwudu sebelum mandi.
3.    Menggosok-gosok seluruh badan dengan tangan.
4.    Mendahulukan yang kanan daipada kiri.
5.    Berturut-turut.
Mandi Sunat
1.    Mandi hari jumat disunatkan bagi orang yang bermaksud akan mengerjakan shalat jumat, agar baunya tidak mengganggu orang lain di sekitarnya. Sabda Rasulullah Saw:
“Dari Ibnu Umar. Ia berkata, “Rasulullah Saw telah bersabda, “Apabila salah seorang hendak pergi shalat jumat, hendaklah ia mandi.” (Riwayat Muslim)
2.    Mandi Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.
3.    Mandi orang gila apabila ia sembuh dari gilanya, karena ada sangkaan (kemungkinan) ia keluar mani.
4.    Mandi tatkala hendak ihram haji atau umrah.
5.    Mandi sehabis memandikan mayat.

Tayamum
Tayamum ialah mengusap tanah ke muka dan kedua tangan sampai siku dengan beberapa syarat. Tayamum adalah pengganti wudu atau mandi, sebagai rukhsah (keringanan) untuk orang yang tidak dapat memakai/menggunakan air karena beberapa halangan (uzur), yaitu :
1.    Uzur karena sakit. Kalau ia memakai air, bertambah sakinya atau lambat sembuhnya.
2.    Karena dalam perjalanan.
3.    Karena tidak ada air. Firman Allah Swt :
“Dan apabila kamu sakit, atau dalam perjalanan, atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau, bersetubuh, lalu kamu tidak mendapatkan air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan kedua tanganmu dengan tanah itu.” (Q. S Al-Maidah:6)

Syarat Tayamum
1.    Sudah masuk waktu shalat.
2.    Sudah diusahakan mencari air, tetapi tidak dapat sedangkan waktu shalat sudah masuk.
3.    Dengan tanah yang suci dan berdebu.
4.    Menghilangkan najis.

Fardu (rukun) Tayamum
1.    Niat
2.    Mengusap muka dengan tanah (debu).
3.    Mengusap kedua tangan sampai ke siku dengan tanah (debu).
4.    Menerbitkan rukun-rukun. Artinya mendahulukan muka dari tangan.
Sunat Tayamum
1.    Membaca bismillah.
2.    Mengembus tanah dari dua tapak tangan supaya tanah yang di atas  tangan itu menjadi tipis.
3.    Membaca dua kalimat syahadat sesudah selesai tayamum.

Hal yang membatalkan Tayamum
1.    Tiap-tiap hal yang membatalkan wudu adalah mebatalkan tayamum.
2.    Ada air. Mendapatkan air sebelum shalat, batallah tayamum bagi orang yang tayamum karena ketiadaan air, bukan karena sakit.

Pekerjaan yang dilarang karena hadas
1.    Hal-hal yang dilarang karena hadas kecil
a.    Mengerjakan Shalat, baik shalat fardu atau pun shalat sunat. Begitu juga denga khotbah jumat.
b.    Tawaf, baik tawaf fardu atau pun sunat
2.    Hal-hal yang dilarang karena hadas besar (junub)
a.    Shalat, baik fardu maupun sunat.
b.    Tawaf, baik fardu maupun sunat.
3.    Hal-hal yang dilarang karena hadas, haid, atau nifas
a.    Mengerjakan Shalat, baik fardu maupun sunat. Sabda Rasulullah Saw:
Apabila datang haid, hendaklah engkau tinggalkan shalat.” (Riwayat Bukhari)
b.    Tawaf, baik fardu maupun sunat.
c.    Puasa, baik puasa fardu maupun sunat.
d.   Suami istri haram bersetubuh ketika istri dalam keadaan haid atau nifas sampai ia suci dari haid atau nifasnya atau sesudah ia mandi.

C.  Jenis-Jenis Air
1.    Ai Mutlak ( Air yang suci lagi menyucikan )
Air ini boleh digunakan untuk minum, mandi dan berwuduk dan boleh juga digunakan untuk membasuh. Contoh air mutlak ialah air telaga, air sungai, air hujan, air mata air, air laut dan sebagainya.
2.    Air Musta’mal (Air yang telah digunakan )
Air yang suci tetapi tidak boleh menyucikan Iaitu air yang telah berubah salah satu sifatnya,contoh seperti air kopi,air teh dan sebagainya.Termasuk juga dalam golongan ini air yang kurang dari dua kolah iaitu air yang sudah digunakan untuk berwuduk atau menghilangkan najis.
3.    Air Mutannajis ( Air yang kotor)
Air yang najis iaitu air yang sudah berubah semua sifatnya samada warna,rasa atau baunya dan bercampur dengan najis.
4.    Air Musyammas (air yang berjemur pada matahari)
Ialah air yang makruh untuk digunakan iaitulah air yang terjemur pada terik matahari dalam bekas selain bekas daripada emas atau perak.Air ini makruh digunakan untuk badan tetapi boleh digunakan untuk membasuh pakaian.

D.  Jenis-Jenis Najis
1.    Najis Mughallazah (najis berat)
Ialah najis yang berat iaitu najis anjing dan babi.Cara mencuci barang –barang yang terkena najis ini ialah dengan menyamak iaitulah membasuh dengan air sebanyak 7 kali.Basuhan pertama hendaklah dengan air bercampur dengan tanah.
2.    Najis mukhaffafah (najis ringan)
Yaitu najis yang ringan seperti kencing bayi yang berusia 2 tahun kebawahyang hanya minum susu ibunya saja.Cara menyucinya ialah dengan merenjis air di tempat terkena kencing itu.
3.    Najis Mutawassitah (najis pertengahan)
Yaitu najis pertengahan. Termasuk dalam kumpulan ini ialah air kencing, tahi,  darah, nanah, muntah, air mazi (iaitu air putih jernih yang keluar dari kemaluan ketika nafsu berahi meningkat), wadi (yaitu air putih jernih yang keluar dari kemaluan sesudah buang air kecil ketika kerja berat), arak dan susu binatang yang tidak boleh dimakan. Cara menyucinya ialah basuh dengan air bersih hingga hilang baunya, rasanya, dan warnanya. Jika sudah dibasuh berulang-ulang kali tetapi baud an warnanya tidak juga hilang adalah dimaafkan.





































BAB III
PENUTUP
A.  Simpulan
Bersuci dalam hukum islam merupakan ciri dari orang-orang yang beriman dan mukmin. Bersuci dalam hukum islam, soal bersuci dan segala seluk-beluknya termasuk bagian ilmu dan amalan yang penting, terutama karena syarat-syarat shalat telah ditetapkan bahwa seseorang yang aka mengerjakan shalat wajib dari hadas dan suci pula badan, pakaian, dan tempatnya dari najis.
































DAFTAR PUSTAKA
Rasyid, Sulaiman, 2013, Fiqih Islam, Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset

Tidak ada komentar: