Sabtu, 26 Oktober 2013

Resensi Novel "Dari Jendela SMP"




RESENSI
Judul Buku      : Dari Jendela SMP
Penulis             : Mira W
Penerbit           : PT Granedia Pustaka Utama
Tahun Terbit    : 2009
Tebal               : 352 Halaman ; 18 cm
Kategori          : Novel
Anak laki-laki yang berjuluk JAB atau Joko Anak Babu yang obsesinya dua. Jadian sama Wulan, biarpun seperti pungguk merindukan bulan. Dan mencari ayahnya, supaya tidak disebut anak haram. Dia terlibat cinta pertama murni bebas polusi yang norak banget dengan Wulan. Merasakan cemburu meski belum nyadar. Sampai suatu hari dia mengajak pacarannya melompat keluar dari jendela SMP. Menginjak bumi terlarang yang belum boleh mereka jelang. Dan segala lucu dari dunia remaja berubah haru.
Jalan cerita selanjutnya, dapat dipastikan kehidupan mereka mengharukan dengan kehadiran benih yang mereka tanam. Secara detil cerita ini menggambarkan keadaan atau situasi menginjak pergaulan bebas yang terjadi pada remaja. Maupun gambaran detil prilaku pelakon cerita serta perasaan-perasaan mereka, menjadi daya tarik utama bagi pembaca dari novel karangan Mira W ini.
Walaupun akhir ceritanya dapat di tebak dengan akhir yang mengharukan, namun terkesan di paksakan sehingga kekuatan cerita menjadi berkurang. Dan membuat para pembaca berpikir kritis bercampur penasaran.
Memang cerita ini sebuah karangan, namun menggunakan konsep yang mengandung unsur realita sebuah kehidupan, yang saat ini sedang heboh-hebohnya di kalangan masyarakat khususnya para remaja yang menginjak pada kekedewasaan.
Membaca bagian akhir buku ini tidak lebih dari sekedar ingin menuntaskan suatu pekerjaan yang sudah terlanjur dimulai, namun dapat kita simpulkan atau sebagai bahan pelajaran yang dapat kita ambil dari pada hikmahnya isi cerita tersebut.

Tidak ada komentar: